Klik Menu -->

  • Definisi Literasi Digital: Literasi Digital adalah kemampuan individu dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten / informasi, dengan kecakapan kognitif, etika, sosial emosional dan aspek teknis / teknologi (UNESCO).
  • Definisi Pandu Digital: Pandu Digital adalah masyarakat umum yang memiliki pemahaman, kemampuan dan kompetensi mendasar terkait literasi digital serta mampu menjalankan tugas dan perannya sebagai perintis, pemandu, pemimpin, pendukung ataupun pelaku aktif atas tercapainya visi dan misi Pandu Digital. Pandu Digital diinisasi dan difasilitasi para mitra dan jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

 

  • Visi Pandu Digital: “Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, dengan terobosan di pendidikan tinggi, kesiapan generasi muda yang adaptif di Era Revolusi 4.0, serta pembinaan literasi digital dan tumbuhnya lebih banyak wirausahawan”.

 

  • Misi Pandu Digital:
    • Menjalankan program utama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, khususnya pada hal: a). “community empowerment”, yaitu memfasilitasi eksistensi dan sumber daya komunitas, relawan dan duta konten positif, dan b). “collaborative engagement”, yaitu mengupayakan penyebaran pengetahuan dan etika digital secara massif dan luas dalam format popular dan menarik
    • Memperkuat pelaksanaan program ekonomi digital Indonesia, khususnya pada hal yang telah diatur dalam Roadmap E-commerce Indonesia yaitu: a). peningkatan kesadaran dan pendidikan bagi konsumen, UKM, dan keseluruhan ekosistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), dan b). peningkatan kesadaran publik terhadap kejahatan dunia maya (cybercrime)
    • Mendukung pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) dalam menyiapkan dan menyediakan sumber daya manusia berkompetensi literasi digital guna membangun bangsa dan negara sebagaimana visi Pandu Digital.